Cara menghubungkan 2 Router dengan Packet Tracer

Kali ini saya akan mencoba untuk men-share ilmu tentang Jaringan Komputer khususnya dalam masalah Routing. Kita akan mencoba mensimulasi jaringan computer dengan menggunakan 2 buah router. Simulator yang dipakai adalah Packet Tracer 5.3, bagi yang belum punya Tools Packet Tracer ini, anda dapat mencarinya dengan mudah di Google. Dengan mengetikkan kata kunci “Packet Tracer”, anda sudah dapat berbagai situs yang menyediakan link download untuk mendapatkan simulator ini.






1.Dalam tutorial ini kita membutuhkan :
  • 2 buah computer
  • 2 buah router, dan
  • 1 switch (optional)

    Susunlah perangkat tersebut seperti gambar dibawah ini:
  1. Lalu hubungkanlah perangkat tersebut sesuai dengan kabel yang dibutuhkan :
    1. PC to Switch (Cooper-Straight Over)
    2. Switch to Router (Cooper-Straight Over)
    3. Router to PC (Cooper-Cross Over)
  2. Untuk Router to Router, kita jangan dulu menghubungkannya, karena ada beberapa hal yang harus kita lakukan, yaitu :
    1. Untuk router pertama (Router1), pada tab Physical di sebelah kiri terdapat panel yang berisi modul dari router, kita pilih yang WIC-2T.
    2. Untuk memasang modul tersebut kita harus mematikan routernya terlebih dahulu dengan cara mengklik pada tombol On/Off, sehingga cahaya hijaunya hilang
    3. Drag module WIC-2T, yang berada pada kanan bawah ke slot yang kosong yang berada disebelah kiri tombol power.
    4. Lalu nyalakan kembali tombol powernya seperti langkah ke-2.
    5. Lakukan langkah diatas tersebut pada Router satunya lagi.
  3. Setelah 2 router tadi sudah di pasang module WIC-2T, langkah selanjutnya kita hubungkan 2 Router tersebut dengan menggunakan cable Serial DCE. Harus diperhatikan pada saat memasangkan kabel Serial DCE nya, bahwa router pertama yang dipasangkan kabel tersebut nantinya akan memiliki clock rate, karena kedua router tersebut tidak bisa memiliki clock rate, artinya hanya salah satu router saja yang bisa di berikan clock rate. Dalam kasus ini yang pertama dipasangkan kabelnya adalah Router kedua (Router kanan / “Router1″)
  4. Jika semuanya sudah terhubung, seperti gambar diatas, lankah selanjutnya adalah memberikan IP Address pada 2 PC yang sudah kita siapkan. Caranya adalah Klik pada perangkatnya –>pilih tab Desktop –>IP Configuration
  5. Lalu masukkan IP Addressnya
  6. Untuk router, dalam pemberian IP Addressnya sedikit berbeda, kita akan mencoba memberikan IP Addressnya pada CLI (Command Line Interface), meskipun ada cara yang lebih mudahnya. Fasilitas ini berfungsi menginputkan perintah-perintah pada perangkat, yang belum tentu ada pada aplikasi environmentnya. Tujuannya adalah agar kita terbiasa dengan konfigurasi yang basisnya manual. Karena dalam fasilitas CLI ini perintah dan fungsi lebih banyak dari yang IDE-nya (GUI)
  7. Bila muncul pertanyaan seperti diatas, ketikkan saja “no”–>Enter
  8. Lalu pada line berikutnya ketikkan “ena” (agar perintah yang kita masukkan bisa diterima system)
  9. Lalu ketikkanlah perintah berikut:
  10. Keterangan :
    1. ”conf term” (Configuration Terminal)
    2. “int s0/0/0” (Interface Serial0/0/0)├áRouter Dengan port Serial0/0/0
    3. “ip add 192.168.2.1 255.255.255.0” (memberikan IP Address)
    4. “no shut” (Menyalakan Perangkat / Router)
  11. Lakukan langkah yang sama pada Router yang satunya, hanya saja dengan IP Address yang berbeda.
  12. Maka hasilnya akan seperti ini :
Artinya adalah kedua Router itu telah terhubung secara Logik dan Fisik (Kedua Lampu dari Router tersebut menyala).

melanjutkan Tutorialnya, semoga saja dengan adanya part kedua ini pembaca lebih handal dalam mensimulasikan Jaringan Komputer.
  1. Untuk langkah selanjutnya kita akan menghubungkan Router dengan device yang lain secara logic. Gambar sebelumnya menyatakan bahwa Router tersebut hanya terhubung dengan Router yang lain. Untuk mengkonfigurasinya lewat IOS CLI (manual setting)dibawah ini adalah perintahnya :
  2. Diatas adalah gambar untuk konfigurasi Fast Ethernet pada Router pertama (Router kiri)
  3. Dan dibawah ini adalah gambar untuk konfigurasi Fast Ethernet pada Router kedua (Router kanan)
  4. Setelah selesai mengkonfigurasinya maka hasilnya akan seperti dibawah ini, yaitu semua device (Router, PC, Switch) sudah terhubung secara fisik maupun logic.
  5. Setelah konfigurasi diatas selesai, sekarang kita harus membuat rute agar PC 1 dan PC 2 bisa saling berkomunikasi. Pertama kita harus memberikan clock rate pada router yang tadi kita sudah pasang kabel Serial DCE pertama kalinya. Dibawah ini adalah perintahnya:
  6. Setelah itu kita akan lakukan konfigurasi Routing pertama pada Router kedua (Router kanan/ ”Router1”). Dibawah ini adalah perintah untuk menampilkan jalur yang bias pakai dari Router yang bersangkutan, perintahnya adalah “show ip route”.
  7. Lalu gambar dibawah ini adalah perintah untuk konfigurasi Router (Routing).
  8. Syntax : “ip route <ip network tujuan> <Subnet mask> <ip next hope>” Dalam kasus ini : “ip route 192.168.1.0 255.255.255.0 192.168.2.0”
  9. Lalu cek lah denga perintah “show ip route”, jika hasilnya bertambah seperti gambar diatas, maka routing telah berhasil dilakukan.
  10. Setelah langkah diatas sudah selesai, langkah terakhir adalah kita akan lakukan testing pada konfigurasi yang telah kita buat, kita akan lakukan test denga perintah “ping”. Pertama pilih tab “Desktop” lalu pilih menu “Command Prompt
  11. Lalu ketikkan perintah “ping <ip tujuan>”, dalam kasus ini ip tujuan adalah ip computer. Dan lakukan langkah ini pada computer yang lainnya.
  12. Jika hasil respon dari perintah ping seperti gambar diatas maka PC 1 dan PC 2 sudah bias saling berkomunikasi dan terhubung.
Tabel Index
Index Definisi
Routing Penetapan lintasan komunikasi antar sistem jaringan yang harus dilalui sebuah paket data / pesan IP sehingga mencapai tujuan
IOS (Internetwork Operating System) Sistem Operasi untuk Jaringan Komputer yang dikembangkan oleh CISCO
CLI (Command Line Interface) Interface antara pengguna dan komputer dengan menggunakan perintah-perintah dalam bentuk teks yang dapat dimengerti dan dijalankan oleh Sistem Operasi

2 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...